Pemerintah Provinsi Papua mengumumkan telah mengirim tiga nama sebagai calon Penjabat Walikota Jayapura, yang nantinya bertugas menjalankan pemerintahan serta mengawal pelaksanaan Pilkada di Kota Port Numbay.

Tiga nama tersebut, yakni Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM Sekda Papua Doren Wakerkwa, Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Papua Sendius Wonda serta Kepala Biro Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Setda Papua Daniel Pahabol.

Sekda Papua Hery Dosinaen mengatakan saat ini Pemerintah Provinsi masih menunggu terbitnya SK Mendagri terkait pengusulan Penjabat Walikota Jayapura.

“Usulan tiga nama sudah kita sampaikan tapi saat ini kita masih menunggu turunnya SK Mendagri dari tiga nama itu,” kata dia, Senin (15/8) di Jayapura.

Saat ini Pemerintah Provinsi telah menetapkan Sekda Kota Jayapura RD. Siahaya selaku Pelaksana Harian Walikota.

Sebelumnya, Wali Kota Jayapura periode 2011-2016 Benhur Tommy Mano mengisyaratkan kembali maju dalam Pilkada Kota Jayapura.

Benhur Tommy Mano dalam Pilkada 2017 mendatang digadang-gadang akan menggandeng Rustan Sahru sebagai bakal calon wakil walikota.

Pria kelahiran Port Numbay yang juga menjabat Ketua Asosiasi PSSI Provinsi Papua, Ketua IMI Papua, dan Ketua Umum Tim Persipura Jayapura tersebut, optimis masih akan menjadi pilihan masyarakat Jayapura.

Sementara menyinggung mengenai usulan pelantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Mamberamo Raya Dorinus Dassinapa dan Yakobus Britai, Hery Dosinaen menambahkan masih menunggu terbitnya SK Menteri Dalam Negeri.“Kita sudah usul tapi lagi-lagi baru bisa dilantik kalau SK pelantikan dari Mendagri sudah turun. Saya harap pihak terkait bisa bersabar sambi menunggu turunnya SK Mendagri itu,”tutupnya.